/
/
Jaga Kesehatan Selama Puasa. Konsultasi Dengan Dokter Bila Perlu!
Jaga Kesehatan Selama Puasa. Konsultasi Dengan Dokter Bila Perlu!
Lainnya
Lakukan telekonsultasi dengan dokter spesialis agar kondisi kesehatan selama Ramadan terjaga - AlteaCare | Foto: AlteaCare

Berpuasa selama 30 hari penuh bukanlah hal yang mudah. Apalagi buat mereka yang mengidap gangguan kesehatan kronis, seperti diabetes dan kolesterol. Kondisi kesehatan yang stabil harus jadi andalan agar Ramadan Anda aman.

Supaya puasa lancar, tubuh butuh nutrisi, vitamin, dan mineral yang cukup. Sebab, kondisi tidak mendapat asupan makan dan minuman selama beberapa jam bisa bikin metabolisme tubuh terganggu.

4 Kunci Supaya Sehat Selama Berpuasa

Pola hidup seperti ini perlu dijalankan secara konsisten selama bulan puasa:

  1. Jaga pola makan. Perhatikan apa yang kita makan. Hindari makanan tinggi gula dan garam, dan pastikan Anda banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Sebab, jenis makanan ini bisa meningkatkan imunitas selama bulan puasa.
  2. Jangan absen olahraga. Olahraga bisa membantu mengontrol gula darah dan tekanan darah selama berpuasa. Beberapa penelitian menyebutkan, olahraga juga bisa meningkatkan imunitas.
  3. Jangan begadang! Atur pola tidur supaya sel-sel tubuh bisa dapat kesempatan untuk beregenerasi. Saat Anda bangun, badan terasa lebih segar dan siap puasa seharian.
  4. Minum, minum, minum. Saat puasa tubuh kehilangan banyak cairan, sehingga kita perlu menggantikannya agar terhindar dari dehidrasi. Pastikan Anda banyak minum air putih setelah berbuka, ya!

Cek kesehatan jangan dilewatkan!

Mereka yang punya gangguan kesehatan sebaiknya sudah berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai ibadah puasa.

Beberapa gangguan kesehatan yang perlu perhatian khusus selama berpuasa adalah:

  • Diabetes
  • Hipertensi
  • Kanker
  • Ginjal
  • Jantung

Dan, sepanjang bulan puasa pun sebaiknya Anda segera berkonsultasi jika merasa ada perubahan kondisi. Dengan begitu, dokter bisa memberikan saran dan rekomendasi seputar pengaturan makan sahur dan berbuka, maupun terkait pola aktivitas.

Sementara kita yang sebelumnya tak ada keluhan juga mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gejala tertentu selama berpuasa. Misalnya saja, gangguan maag yang tiba-tiba kambuh.

Anda bisa manfaatkan promo menarik dari AlteaCare selama bulan Ramadan, berikut ini:

  • Melakukan telekonsultasi dengan dokter spesialis dengan membayar 50 ribu Rupiah saja
  • Membeli obat, vitamin, dan suplemen dengan diskon hingga 50% di aplikasi maupun marketplace kesayangan Anda

Yuk, manfaatkan promo menarik ini! Langsung buat janji dengan dokter spesialis dan beli vitamin untuk keluarga di rumah. Segera unduh AlteaCare dan registrasi sekarang juga!



Sumber:

  • Healthline. Diakses pada April 2022. How Much Water Should You Drink Per Day?
  • Healthline. Diakses pada April 2022. How Sleep Strengthens Your Immune System
  • Healthline. Diakses pada April 2022. 15 Foods That Boost the Immune System
  • Medline Plus. Diakses pada April 2022. Exercise and immunity