/
/
7 Menu Sehat Buat Buka Puasa. Wajib Dicoba!
7 Menu Sehat Buat Buka Puasa. Wajib Dicoba!
Gizi dan Nutrisi
Salad buah bisa jadi salah satu pilihan menu berbuka puasa yang sehat dan segar - AlteaCare | Foto: Envato

Saat menjalankan ibadah puasa, penting sekali memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, baik saat sahur maupun berbuka. Perut kenyang sebaiknya jangan jadi tujuan utama. Kita pun harus perhatikan kandungan gizi dan nutrisi dalam setiap suapan.

Setelah lebih dari 8 jam menahan haus dan lapar, makanan dan minuman yang sehat perlu jadi suatu keharusan. Dengan begitu, kondisi tubuh kita bisa tetap fit dan sehat selama bulan Ramadan hingga hari lebaran.

Makanan seperti apa yang dibutuhkan saat berbuka?

Dilansir oleh British Nutrition Foundation, kita direkomendasikan untuk makan yang tinggi serat dan rendah lemak saat berbuka puasa. Dan, pastikan juga makanan atau minuman yang kita nikmati mengandung gula alami.

Selain itu, karena tubuh kita terdiri dari 60% air, sangat penting menjaga stabilitas cairan dalam tubuh. Untuk itu, konsumsi air mineral harus cukup, supaya dapat terhindar dari dehidrasi dan menjaga kelancaran metabolisme.

Baca juga: Jadwal Minum Air Putih Terbaik. Pastikan Tidak Dehidrasi!

7 Rekomendasi menu sehat buat buka puasa

Berikut ini menu sehat rekomendasi Altea untuk berbuka puasa bersama keluarga di rumah saat adzan magrib tiba:

1. Kurma

Buah khas Timur Tengah ini kini mudah didapat di mana saja. Bentuknya memang kecil, tapi ternyata banyak sekali manfaatnya.

Dalam satu butir kurma sudah terdapat kandungan nutrisi lengkap, mulai dari protein, vitamin, mineral, dan serat.

Dilansir dari Medical News Today, kurma juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yaitu polifenol, yang dapat mencegah kanker dan infeksi. Bahkan, kandungan polifenolnya lebih tinggi daripada buah-buahan lain.

Selain itu, kurma juga punya rasa manis alami, sehingga bisa jadi alternatif takjil yang sehat.

2. Air kelapa muda

Mendekati waktu berbuka bisa jadi tenggorokan kita semakin kering. Nah, minum air kelapa begitu beduk buka puasa terdengar seperti bisa jadi ide yang segar buat melepas dahaga.

Air kelapa muda termasuk jenis minuman sehat, karena mengandung elektrolit. Selain itu, manfaat lainnya adalah membantu meningkatkan kesehatan ginjal. Tentu saja, semua ini bisa didapat kalau kita minum air kelapa asli. Sebaiknya hindari mengonsumsi yang dalam kemasan karena sudah mengandung pemanis buatan.

3. Teh hijau

Ingin buka puasa dengan yang hangat-hangat dan tidak terlalu manis? Teh hijau bisa Anda coba.

Dilansir oleh Healthline, teh hijau adalah salah satu minuman sehat, karena kaya akan antioksidan. Manfaatnya untuk tubuh antara lain:

  • Meningkatkan fungsi otak
  • Meluruhkan lemak
  • Melindungi dari kanker
  • Menurunkan risiko penyakit jantung

Nah, ini bisa jadi pilihan buat Sobat Altea yang punya masalah berat badan. Daripada minum yang manis-manis, ganti dengan teh hijau supaya program diet selama bulan puasa bisa maksimal.

4. Gado-gado

Khasiat sehat kuliner khas Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya, dalam satu porsi gado-gado sudah terdapat berbagai jenis sayuran yang kaya nutrisi.

Kangkung, kacang panjang, toge, bayam, timun, labu siam, serta tambahan tempe dan tahu adalah sederet sumber vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Kalau Anda mau buat sendiri di rumah, perhatikan waktu merebus sayuran. Jangan terlalu lama sampai sayurannya terlalu lembek. Sebab, ini pertanda sayuran kelewat matang dan nilai nutrisinya sudah banyak berkurang.

5. Kentang tumbuk (mashed potato)

Bosan makan nasi? Anda bisa jadikan kentang sebagai makanan pokok berbuka puasa. Seperti dilansir dari WebMD, kentang memiliki kandungan serat yang baik untuk kesehatan.

Menu makanan yang tinggi serat bisa membantu mencegah penyakit jantung, serta menjaga kadar kolesterol dan gula darah Anda. Selain itu, kentang juga bisa bikin Anda kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebihan.

6. Jus buah

Mau yang segar-segar untuk berbuka puasa? Anda bisa makan buah potong atau menikmati segelas jus buah. Tinggal pilih buah yang disuka, lalu masukkan ke dalam blender. Mau tambahkan sedikit es boleh. Tapi kalau gula, sebaiknya jangan ya.

Perlu diingat, jus buah memang sehat. Tapi kalau dikonsumsi terlalu banyak, apalagi pakai tambahan gula dan kental manis, ini malah buruk buat kadar gula darah Anda. Salah-salah malah badan tambah melar usai lebaran!

7. Salad buah

Kelewat sibuk kerja, begitu menjelang buka puasa belum masak apa-apa? Tenang. Salad buah bisa jadi solusi praktis dan sehat.

Siapkan buah-buahan, cuci bersih, lalu potong kecil-kecil. Tambahkan yogurt, dan.. tadaaa! Hidangan buka puasa sudah siap disantap.

Baca juga: 7 Menu Sahur Sehat dan Lezat. Pasti Kuat Puasa Seharian!

Salad buah juga bisa dikonsumsi setiap hari bersama makanan lainnya. Menurut studi, kebiasaan makan buah setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 10%.

Buat Sobat Altea yang ingin makan sehat selama berpuasa tapi punya kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes, hipertensi, atau berat badan berlebih, jangan cemas. Anda bisa diskusikan pola makan yang tepat supaya ibadah puasa bisa lancar.

Yuk, lakukan telekonsultasi dengan dokter di AlteaCare supaya bisa dapat saran dan rekomendasi dari dokter spesialis yang berpengalaman. Segera unduh aplikasinya di sini dan buat janji dengan dokter pilihan Anda!



Sumber:

  • Healthline. Diakses pada Maret 2022. Should You Eat Salad for Breakfast?
  • Medical News Today. Diakses pada Maret 2022. Types of fruit juice, their benefits, and how much to drink
  • WebMD. Diakses pada Maret 2022. Health Benefits of Potatoes
  • Queensland Health. Diakses pada Maret 2022. Does how you cook veggies change how good they are for you?
  • Healthline. Diakses pada Maret 2022. 10 Evidence-Based Benefits of Green Tea
  • Healthline. Diakses pada Maret 2022. 7 Science-Based Health Benefits of Coconut Water
  • Medical News Today. Diakses pada Maret 2022. Are dates healthful?
  • Cleveland Clinic. Diakses pada Maret 2022. 3 ways to fuel your body and stay fit while fasting
  • British Nutrition Food. Diakses pada Maret 2022. A healthy Ramadan