/
/
6 Cara Mengatasi Sembelit pada Anak. BAB Langsung Lancar!
6 Cara Mengatasi Sembelit pada Anak. BAB Langsung Lancar!
Anak
Memperbanyak asupan sayur dan buah bisa mengatasi sembelit pada anak - AlteaCare | Foto: Envato

Susah buang air besar atau sembelit tentu akan mengganggu aktivitas anak. Ia pun pasti akan lebih rewel daripada biasanya. Tidak heran kalau banyak orangtua bingung mencari cara mengatasi sembelit pada anak.

Sebenarnya, sebelum mencoba tips yang diberikan keluarga atau teman supaya anak bisa buang air besar, terlebih dulu kita perlu mengenali tanda-tandanya. Biasanya, anak sembelit akan berkurang frekuensi buang air besarnya.

Selain itu, mereka mungkin bisa mengeluh kalau kotorannya susah dikeluarkan. Atau, rasanya sakit saat mengejan untuk mengeluarkan. Kotorannya pun tampak keras, kering, dan kecil-kecil.

Ada beberapa hal yang bisa membuat si Kecil mengalami kondisi ini.

Untuk penjelasan lengkapnya, yuk, simak uraian lengkap di bawah ini!

Penyebab Sembelit Pada Anak

Beberapa hal berikut bisa menjadi penyebab sembelit pada anak:

  • Jarang atau tidak pernah mengonsumsi makanan berserat, semisal buah dan sayur
  • Kurang minum
  • Jarang bergerak
  • Terbiasa menahan buang air besar
  • Stres, khawatir, atau cemas karena perubahan dalam hidupnya, seperti baru pindah rumah, baru masuk sekolah, atau baru punya adik

Baca Juga: Mudah Dilakukan, Inilah Cara Mengatasi Perut Kembung

6 Cara Mengatasi Sembelit pada Anak

Sebaiknya orangtua tidak meremehkan keluhan susah buang air besar yang disampaikan anak. Sebab, bila si Kecil terbiasa sembelit, hal ini bisa terus berlanjut hingga besar. Bukan mustahil juga ia dapat mengalami gangguan kesehatan lain, seperti misalnya ambeien.

Supaya si Kecil tidak lagi sembelit, orangtua bisa mencoba beberapa solusi berikut ini:

1. Usahakan anak makan lebih banyak serat

Jika sehari-hari anak jarang makan sayur dan buah, coba mulai memperkenalkannya pelan-pelan.

Upayakan si Kecil makan sayur, buah, dan kacang-kacangan setiap hari. Di samping itu, Anda juga bisa memberi probiotik, semisal yogurt, untuk membantu proses pencernaan makanan.

2. Perhatikan asupan air

Cara mengatasi sembelit pada anak yang paling efektif adalah banyak minum. Menurut riset yang dimuat di European Journal of Nutrition, asupan air putih dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.

Hal ini dikarenakan air mineral mengandung magnesium sulfat. Jenis mineral ini dapat mempercepat waktu transit makanan di usus. Dengan begitu, anak bisa buang air besar lebih lancar.

3. Atur jadwal makannya

Kebiasaan makan pada jam yang sama setiap hari bisa membuat sistem pencernaan tubuh anak bekerja dengan lebih teratur. Ini bisa membuat anak terbiasa buang air besar pada jam-jam tertentu. Orangtua pun bisa mengamati, kapan anak biasanya akan merasa ingin buang air besar.

4. Usahakan si Kecil buang air besar teratur

Bila jadwal makan sudah terbentuk, biasanya akan mudah untuk mendorong si Kecil buang air besar. Mengingat anak terkadang menahan keinginan buang air besar karena sedang asyik bermain atau menonton, orangtua bisa mengingatkan.

Anda bisa buat semacam jadwal buang air besar. Misalnya, pagi hari setelah sarapan. Jangan lelah untuk terus mengingatkan, ya. Karena dengan begitu, anak akan menganggap buang air besar adalah bagian dari rutinitas.

5. Dorong anak lebih banyak bergerak

Salah satu penyebab sembelit adalah kurangnya aktivitas fisik. Nah, untuk itu Anda bisa mengajaknya lebih banyak bergerak. Misalnya, bersepeda bersama atau joging santai di komplek rumah.

Saat aktivitas fisinya meningkat, diharapkan pencernaannya lebih lancar dan urusan buang air besar jadi gampang.

Baca Juga: Kenali Ciri-ciri GERD dan Hindari Menu Makanan Ini!

6. Beri obat untuk melunakkan kotoran

Saat anak mengalami sembelit karena kotorannya keras dan sulit dikeluarkan, Anda bisa memberikan obat pelunak feses yang dijual secara bebas.

Namun, Anda perlu berhati-hati dengan dosis maupun frekuensi pemberiannya. Sebaiknya diskusikan dengan dokter spesialis anak agar bisa mendapat rekomendasi yang tepat.

Itulah sejumlah cara mengatasi sembelit pada anak yang bisa dilakukan di rumah.

Jika anak Anda memiliki masalah dengan saluran pencernaan, Anda bisa lakukan telekonsultasi dengan dokter spesialis anak di AlteaCare!

Yuk, unduh aplikasi AlteaCare dan segera buat janji dengan dokter andalan!



Sumber:

  • National Health Service. Diakses pada Maret 2022. Constipation in children
  • Mayo Clinic. Diakses pada Maret 2022. Constipation in children
  • Bothe, G., Coh, A., & Auinger, A. (2017). Efficacy and safety of a natural mineral water rich in magnesium and sulphate for bowel function: a double-blind, randomized, placebo-controlled study. European journal of nutrition, 56(2), 491-499.
  • Web MD. Diakses pada Maret 2022. Treatments for Constipation in Children
  • Kids Health. Diakses pada Maret 2022. Constipation